Saturday, November 15, 2008

Lampu Merah...


You Know You've Been in Indonesia Too Long if... ...
When crossing a busy street you believe that a limp wrist motion with your right arm creates a force field that repels oncoming traffic ...

Begitulah cara orang Indonesia menyeberang jalan. Ungkapan di atas menunjukkan keheranan orang asing melihat cara kita. Tinggal mengangkat tangan, mobil-mobil yang lewat langsung setop. Di jalan yang macet, sepi, jalan besar, kecil, jalan protokoler, jalan desa, jalan kota, lampu lagi merah, lampu lagi hijau, lampu lagi kuning, lampu mati, daaaan segala macam jalan. Lambaian tangan adalah jurus sakti untuk menghentikan mobil yang lewat.

Jadi ketika diberi traffic light untuk penyeberang jalan yang dipencet sendiri tombolnya itu, jangan harap semua penyeberang jalan memencet tombol. Jurus tangan sakti lebih ampuh, man! Wong bisa menghentikan mobil kok.

Di dekat kantor saya, agak ke sana dikit (tepatnya di depan Wisma Kodel di Kuningan), ada zebra cross dengan traffic light ini. Memang khusus untuk penyeberang jalan, bukan perempatan. Saya tidak tahu kenapa ada traffic light itu, padahal di sepanjang jalan Kuningan penyeberang jalan harus lewat jembatan. Mungkin karena di seberangnya ada gedung sepenting Imperium?

Anyway, dulunya saya bersikap pragmatis dalam hal pencet-memencet tombol ini. Pencet tombol jugaa, tapi kalau mobil yang lewat sedikit dan lampu belum merah, saya nyeberang juga. Atau kalau ada serombongan orang menyeberang padahal lampu masih hijau, saya juga ikut-ikutan. Saya menganggap diri sendiri sebagai penyeberang jalan yang ahli; tahu kapan harus nekat menyeberang dan kapan harus mengalah.

Untung ada yang mengingatkan. Bukan soal waktu menyeberang yang tepat atau tidak, tapi soal hak. Waktu lampu masih hijau, itu hak pengendara mobil untuk jalan terus tanpa diganggu gugat. Coz walaupun tidak kentara, pengendara mobil harus mengurangi kecepatan atau mengerem kalo ada penyeberang, tergantung jarak atau kecepatan si mobil. Baru kalo lampu udah merah, orang berhak menyeberang jalan. Gimana mau jadi bangsa yang disiplin, kalo rambu lalu lintas aja gak ada guna di Indonesia.

Jadilah saya mengurangi sikap sok-ahli-nyeberang-jalan itu. Walaupun kadang tergoda melihat jalan lagi sepi atau ada serombongan orang menyeberang ketika lampu masih hijau. Saya bahkan punya pembenaran “kasihan pengendara mobil, tertahan gara-gara rombongan-bukan-pemencet-tombol waktu lampu hijau, dan harus berhenti juga untuk rombongan-pemencet-tombol seperti saya waktu lampu merah.” Tapi akhirnya setelah beberapa hari, saya bisa juga keukeuh untuk tetap menunggu lampu merah. Apapun yang terjadi! Menerapkan disiplin ternyata sesingkat itu.

Tapi sejauh ini saya masih minoritas. Kalau ketemu orang yang mencet tombol dan nunggu lampu merah, saya langsung takjub dan menyimpulkan sembarangan; ini orang pasti highly educated, sering bawa mobil, dan pernah tinggal di luar negeri (hahaha, teman saya pasti bilang ada nada narsis di sini). Rata-rata orang gak mencet tombol tapi langsung mengamat-amati lalu lintas, mencari celah buat menyeberang.

Pengendara mobil gak kalah parah. Kadang ada yang tetep jalan walaupun lampu lagi merah. Saya bahkan pernah diteriakin pengendara motor gara-gara hampir menabrak saya, dia ngotot mau lewat padahal lampu lagi merah. Apa karena waktu itu cuma saya yang menyeberang jalan atau jalan itu emang milik nenek moyangnya, saya tidak tahu. Tapi saya yakin itu akibat tak langsung dari ketidakdisiplinan penyeberang jalan juga; si lampu-pencet jadi tiada guna.

Ada juga yang sudah mencet tombol tapi langsung menyeberang waktu jalanan lagi sepi atau ada rombongan penyeberang padahal masih hijau. Yaah kayak saya dulu. Waktu saya cerita ke teman-teman kantor, langsung jadi bahan olok-olokan. Teman saya bilang, kalo memang terjadi apa-apa sama pemencet tombol yang tidak menunggu lampu merah itu, bisa jadi begini:

Polisi : “Ini siapa yang salah ini? Kok jadi begini?”
Penyeberang: “Lha, dia yang salah kok, Pak. Saya kan sudah mencet tombol.”
Pengendara : !@#$%^&*

8 comments:

  1. Waktu baca judulnya ... kirain mo bahas koran esek2. :))
    Udah siap2 dgn komentar: "Dulu gw pernah bahas itu waktu kuliah!" :))

    Gw adalah orang yg sangat mengandalkan gerakan tangan untuk menyebrang. Tapi selalu berusaha ngacungin jempol buat pengendara yang berhenti spy gw bisa nyebrang. :))

    ReplyDelete
  2. (loh, reply ke noreply-comment@blogger.com itu maksudnya bukan nge-reply comment lewat email ya?:o gaptek mode on :p)

    kalau gak ada lampu merahnya sih gpp

    anyway, baru aja tadi pagi ada kejadian di lampu merah itu. jadi di antara mobil dan motor yg lagi brenti ngasi jalan pd penyeberang, ada motor nyerobot dgn kecepatan tinggi, dan nyenggol motor di sebelahnya, dan jatuhlah tu orang menimpa kaki gw (ouch! !@#$%) padahal yg lagi nyeberang rame. akhirnya gak ada yg nolongin coz pada sebel semua, kan lampunya lagi merah.

    eeehh di ruas jalan berikutnya, malah penyeberang yg nyerobot padahal lampu blm merah. padahal baru aja ada kejadian gitu looohhh

    ck ck ck jadi hati2 deh, disiplin lalu lintas negara ini emang gak
    bisa dipercaya. buat pengendara, liat2 ada lampu merah atau nggak, dan jangan ngebut coz sapa tau di depan mobil-motor pada brenti gara2
    ngasi jalan penyeberang misalnya, walopun gak ada lampu. bagi
    penyeberang bahaya jg, coz kadang gak keliatan ada motor "bandel"
    nyerobot dari balik mobil yg brenti itu, soalnya kadang-kadang gak keliatan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. itulah yg ak pertanyakan, knp ada lampu merah penyeberangan gitu, padahal di sepanjang jalan kuningan pada pake jembatan, even before the busway
    emang di kuningan yg bnyk kedubes dan apartemen itu banyak expat, tapi kan bukan brarti fasilitas lalu lintas buat mereka doang.
    anyway, dari kmrn turun bis agak jauh dan naik jembatan penyeberangan ajah. lagi esmosi hehehe

    ReplyDelete
  5. haha... good alia!

    aku pun tiap lewat sana selalu sangsi. apa ada ya yg mau mencet tombolnya. selama aku muter-muter di sana, baru sekali aku liat ada yang tertib mencet tombolnya. berarti nambah satu lagi deh sama kamu! :)

    ReplyDelete
  6. hm...kabar buruk, Ki. lampu merah itu skrg mati. yap. mati! huh!

    dulu sudah pernah mati jg, mungkin itu sebabnya sebagian orang gak ngeh atau memilih gak mencet, karena mikirnya masih mati. kmrn udah bagus nyala lagi...eehh skrg malah mati. cape deeee

    ReplyDelete
  7. Menjadi disiplin datang dari diri sendiri. Jadi jangan ngikutin yang orang laen yang gak disiplin. Nothing to lose juga kan nunggu tanda IJO nyala sampe tiba hak kita.

    Gw percaya itu akan membentuk karakter orang di masa depan dan bagaimana mereka memperlakukan orang lain or/and mendidik anak2 mereka kelak.

    Piss OUT!!

    -adiet-

    ReplyDelete
  8. iya, thanks for the enlightenment, hehehe

    ReplyDelete