Sunday, September 9, 2012

Early Morning Err... err... erraaaanndddsss

________/\______/\__________/\________/\_______________/\__________________

Mungkin beginilah sensor detak jantung blog ini, kalo dia punya jantung, beberapa bulan belakangan. Saking malasnya ditulis si pemilik blog. Bukannya gak berusaha, saya udah nulis beberapa (calon) posting selama menghilang, tapi parahnya, gak ada yang selesai! Apa ini namanya writer's block? Cih, kayak nulis tiap hari aja. Setahu saya writer's block itu berlaku bagi penulis profesional yang nulis tiap hari, dan hanya terjadi pada satu-satunya tulisan yang lagi dikerjakannya, bukan pada berbagai tulisan seperti saya. Lagipula, writer's block itu kan kata lain dari malas. Sejak berdirinya blog ini, saya udah punya kira-kira 10 calon posting yang terbengkalai, yang setiap kali mau saya kelarin, otak saya tau-tau macet atau ingat kerjaan lain. Sebagian besar dari 10 itu, menumpuk di beberapa bulan belakangan? Faktor U? Alesan!

Jadi salah satu solusinya, buat memicu semangat baru, saya mungkin musti ganti template blog. Itu pun udah saya cari berbulan-bulan yang lalu. Tapi nggak nemu yang sesuai ama selera, kriteria, ataupun yang lebih keren daripada yang dulu. Template terakhir mungkin template paling keren dan paling cocok sama selera saya sepanjang sejarah ngeblog (ya gak ingat juga sih template-template sebelumnya kayak apa). Warna gelap tapi nggak suram, minimalis tapi gaya, sehingga menimbulkan kesan kuat dan nggak ngasal. Walaupun udah bolak-balik nyari template yang baru, begitu ngeliat template yang terakhir itu, saya berubah pikiran lagi. Abis gak ketemu aja template baru yang lebih oke.


Baru setelah berbulan-bulan gak posting-posting juga, saya paksakan buat ganti template, dengan daftar kriteria yang hanya sedikit berganti dari jaman dulu (pantesan lama):

  • Gak pake navbar (yang ternyata bisa diilangin kok, template blogger sudah di-update rupanya)
  • Gak pake link ke twitter, facebook, youtube, googleplus, myspace, dll.
  • Gak pake slide-slide foto kayak situs berita gitu. Kan bikin berat cuy. Lagian ini bukan blog fotografi kok. Tapi yaa rupanya itulah template blog yang lagi nge-trend sekarang.
  • Gak pake footer widget.
  • Gak mau mengandung brand-brand tertentu, misalnya tampilan ap*ple, w*nd*ws, apalagi yang ada foto selebnya.
  • Maksimal 2 kolom.
  • Kalau bisa sudutnya siku, bukan bulat.
  • Tampilan minimalis tapi ada motif dan dekorasi juga. Wah kalau ini sih soal selera. Susah dijelaskan.
  • Kalau bisa dekorasinya merata, saya kurang suka kalau di header penuh dengan gambar berbagai warna, trus pas di-scroll ke bawah polos aja. Jadi setidaknya ada motif atau permainan warna deh di tiap bagian. 
  • Kolom yang kecil harus cukup lebar, kira-kira 300an px supaya muat embed video youtube buat slot SoundTrack.
  • Kolom yang besar juga harus lebar, lebih dari 700px, soalnya tulisan saya kok makin lama makin panjang-panjang. 
Kesimpulannya, kalau semuanya diikuti, saya nggak akan pernah ganti template. Akhirnya saya upload aja template yang paling banyak memenuhi kriteria, itupun harus dicek juga, semua fungsinya berjalan dengan benar atau nggak. Kadang ada fitur-fitur yang gak sesuai dengan format blogspot.

Jadi.. jadi apa ya... tuh kan macet. Masak saya mau kasih ending; "memilih template itu sama kayak milih jodoh." Yaelah. Anyway, yang penting posting!

No comments:

Post a Comment